Disusun
Oleh
Nama Luthfi
NIM 10.3.07.0381
Jurusan Syari’ah
Prodi Mu’amalah
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGER PALU
TAHUN
2013
KATA PENGANTAR
Tiada kata paling indah, kecuali mengucap puji syukur kehadirat
Allah S.W.T, karena hanya dengan izin-Nya kita dapat melaksanakan segala
aktifitas dalam kehidupan dimuka bumi ini. Dengan demikian maka paper ini dapat
diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.
Kemudian, shalawat dan salam semoga tercurah kepada
kekasih Allah S.W.T, yakni baginda yang mulia Nabi Besar Muhammad Saw, beserta
keluarga dan sahabat-sahabatnya yang telah membawa ilmu dan memberikan contoh
bagaimana mengamalkan ilmu itu.
Selanjutnya
dalam penyusunan paper ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak
terdapat kekurangan-kekurangan jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran-saran yang sifatnya membangun guna kesempurnaan
paper ini.
Dan akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat
bagi seluruh lapisan masyarakat umum, terutama bagi kami sebagai penulis.
Semoga apa yang kami perbuat mendapat pahala serta ridha dari Allah S.W.T.
Amin.
Palu, Januari 20 Januari 2013
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dizaman
yang semakin modern peningkatan kebutuhan manusia akan tekhnologi yang dapat
membantu dalam penyelesaian pekerjaan semakin mendesak. Terutama dalam bidang
keuangan, sosial politik, pendidikan, dan lain sebagainya.
Program pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data
kuantitatif. Salh satu program pengolah angka adalah Microsoft Office Exel 2003
yang dapat dengan cepat dan akurat untuk menyelesaikan berbagai data
kuantitatif, tabel, maupun gafik.
1.2
Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan dan pemanfaatan makalah ini, yaitu:
1.
Untuk
mengetahui langkah-langkah mengaktifkan program Microsoft Office Exel.
2.
Untuk
mengetahui langkah-langkah membuat dan menyimpan lembar kerja
3.
Untuk
mengetahui langkah-langkah mengelola sel
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Mengaktifkan Program Microsoft Office Exel
Program
Microsoft Office Exel dapat diaktifkan dengan langkah, klik star- All program-
Microsoft Office Exel 2003.
2.2 Membuat dan
Menyimpan Lembar Kerja
a. Membuat Lembar Kerja Baru
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat work book baru
sebagai berikut: Klik New pada menu file ( atau dapat langsung mengklik ikon
New sehingga muncul jendela work book baru dengan nama sementara Book 1, Book
2, Book3, dan sebagainya.
b. Menyimpan Lembar Kerja
Langkah-langkah
yang dapat dilakikan untuk menyimpan lembar kerja adalah:
Ø Klik save as pada menu file sehingga akan muncul kotak dialog save
as.
Ø Tentukan nama file pada kotak isian file name dan tentukan lokasi
penyimpanan berkas pada kotak pilihan save in. Misalnya, My Documents. Apabila
akan dilakukan penyimpanan di diket maka pilih dan klik 3½ Floppy A.
Ø Klik tombol save untuk menyimpannya.
2.3 Menutup Worksheet
dan Pengolah Angka Microsoft Office Exel 2003
Kita dapat menutup pengolah angka
Microsoft office exel 2003 mengklik Exit pada menu file atau klik tombol close
(x) pada pojok kanan atas kotak jendela Microsoft office exel.
2.4 Membuka
Berkas yang Tersimpan
Langkah-langkah yang dapat dilakukan
untuk membuka kembali berkas yangsudah tersimpan adalah:
a.
Klik open pada
menu file atau toolbar open sehingga muncul dialog open.
b.
Pilih atau klik
lokasi penyimpanan pada kotak pilihan look in.
c.
Carilah nama
file pada daftar file atau dapat mengklik nama file yang dicari pada kotak
isian file name.
d.
Klik tombol
open maka akan muncul jendela work book yang kita inginkan.
2.5 Mengelola
Sel
Pengelolaan sel meliputi memasukkan
data berupa teks, tanggal, dan bilangan beserta formatnya masing-masing.
1.
Memasukkan Teks,
Tanggal, dan Bilangan Sel.
Memasukkan teks, tanggal, dan
bilangan dapat dilakukan secara langsung dengan cara menekan tombol-tombol yang
terdapat pada keyboard.jika kita memasukkan data teks maka secara otomatis
Microsoft Office Exel 2003 akan memformat data dengan jenis dan ukuran huruf
tertentu dalam perataan kiri.
Jikakita memasukkan data tanggal
maka secara otomatis Microsoft Office Exel akan memformat data tanggal dengan
jenis dan ukuran huruf tertentu dan dalam format tanggal tertentu.
Jika kita memasukkandata teks maka secara otomatis Microsoft Office
Exel akan memformat data bilangan dengan kerataan kanan dalam format bilangan
tanggal tertentu pula.
2.
Memformat Sel
Kadangkala dalam memasukkan data
berupa teks, tanggal, ataupun bilangan Microsoft Office Exel 2003 tidak
menampilkan format yang kita inginkan. Hal ini dapat diatasi dengan dua cara:
a.
Menggunakan toolbar
formatting.
b.
Melalui kotak
dialog format cells dengan mengklik menu format cells.
a.
Mengatur banyak
desimal dalam data numerik
Langkah-langakah yang dapat
dilakukan agar banyaknya angka desimal yang ditampilkan sama untuk setiap sel
yang diinginkan:
\ Sorot sel yang kita inginkan.
\ Klik salah satu ikon desimal. Klik lagi hingga banyak desimal yang
kita inginkan.
b.
Mengatur format
presentase
Langkah-langkah yang dapat dilakukan:
\ Sorot sel yang kita inginkan.
\ Klik ikon percent style pada toolbar formatting.
\ Data numerik pada sel yang disorot akan diformat dalam bentuk
persentase.
c.
Menagtur format
mata uang
Langkah-langkah yang dapat dilakukan:
Í Sorot sel yang kita inginkan.
Í Klik ikon currency style pada toolbar formatting. Nama mata uang
yang ditampilkanmelalui ikon correcy style bergantung dengan pengaturan kita
pada kotak dialog format cells.
Í Data numeric sudah diformat dengan nama mata uang yang telah kita
tentukan sebelumnya melalui kotak dialog format-cells.
d.
Menagtur format
tanggal
Langkah-langkah yang dapat dilakukan:
Í Sorot sel yang akan diformat.
Í Klik menu format-cells sehingga muncul kotak dialog format cell.
Í Klik data pada kotak catagori dan pilih, dan kliok tipe format
tanggal dan diakhiri dengan mengklik tombok ok.
Í Isikan data tanggal pada table. Misalkan mengetik 22/01/2003 maka
data akan diformat dalam bentuk 22-Jan-03.
e.
Mengatur format
jam
Langkah-langkah yang dapat dilakukan:
J Sorot sel yang akan diformat.
J Klik menu format-cells sehingga muncul kotak dialog format cell.
J Pilih dan klik tipe jam yang kita inginkan diakhiri dengan
mengkllik tombol ok.
J Isikan data jam maka data akan diformat.
f.
Mengatur format
teks data numeric
Langkah-langkah yang dapat dilakukan:
N Sorot sel yang diformat.
N Klik menu format-cells sehingga muncul kotak dialog format cell.
N Klik teks pada kotak catagori.
N Klik tombol ok.
N Data teks siap diisi.
g.
Mengubah jenis
huruf
· Sorot sel yang kita inginkan.
· Klik tanda panah kecil pada kotak pilihan font pada toolbar
formatting sehingga muncul pilihan jenis huruf.
· Pilih dan klik jenis huruf yang kita inginkan.
· Jenis huruf sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Cara lain dapat
melalui kotak pilihan font pada tab font yang terdapat pada kotak dialog format
cells.
h.
Mengatur ukuran
huruf
Cara untuk mengatur ukuran huruf dapat dilakukan melalui kotak
pilihan font size pada tab font yang terdapat pada kotak dialog fotmat cells.
i.
Mengatur gaya
huruf
Langkah-langkah untuk mengubah gaya huruf:
Ø Sorot sel yang kita inginkan.
Ø Klik satu atau lebih gaya huruf yang kita inginkan pada toolbar
formatting.
Ø Huruf sudah diubah sesuai yang kita inginkan.
j.
Perataan text
Langkah perataan teks baik secara horizontal maupun vertikalagar
teks menjadi lebih menarik. Adapun langkah-langkah sebagai berikut:
Ø Sorot sel yang kita inginkan.
Ø Klik ikon pertain yang kita inginkan pada toolbar formatting.
Ø Perataan teks sudah selesai.
Cara
lain dapat dilakukan melalui kotak pilihan horizontal atau vertikal pada tab
alignment yang terdapat pada kotak dialog format cells.
k.
Mengatur warna
huruf
Langkah-langkah pewarnaan huruf :
Ø Sorot sel yang akan diformat.
Ø Klik ikon font color pada toolbar formatting.
Ø Warna huruf pada sel yang kita inginkan sudah diformat dengan warna
yang diinginkan.
l.
Mengatur warna
latar belakang
Langkah-langkahnya :
Ø Sorot sel yang diingingkan.
Ø Klik ikon fill color pada toolbar formatting.
Ø Maka sel yang diinginkan diformat dengan warna background yang
dipilih.
m.
Mengatur secara
otomatis warna latar belakang tabel
Sebuah sel atau table dapat pula diwarnai secara otomatis melalui
auto format pada menu format. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
Sorot table yang diinginkan.
Klik auto format pada menu format sehingga muncul kotak dialog auto
format.
Pilih dan klik model warna tabel yang diinginkan dengan menggeser penggulung vertikal (scoll bar vertical)
untuk mencari tabel yang diinginkan.
Klik tombol ok sehingga tabel sudah di auto format.
3.
Menggabungkan Beberapa
Sel yang Berdekatan
a.
Menggabungkan beberapa
sel dalam satu baris
Seringkali pada table ditemukan sebuah sel yang dibawahnya terdapat
beberapa kolom. Namun data pada sel tersebut tidak tepat berada diantara
kolom-kolom tersebut:
· Klik sel-sel yang digabungkan dan klik merge and center pada
toolbar formatting.
· Sel-sel tergabung secra otomatis.
b.
Menggabungkan
beberapa sel dalam satu kolom
· Klik sel-sel dalam satu kolom yang akan dihilangkan atau dimerge.
· Klik ikon merge and center pada toolbar formatting.
· Sel-sel tergabung secara otomatis. Atur perataan jika diperlukan.
4.
Memformat Baris
dan Kolom
Jika lebar kolom atau tinggi baris tidak mencukupi maka data sel
akan berbentuk tanda pagar sehingga kita harus mengatur ukuran kolom atau baris
tersebut agar data sel dapat terlihat dengan jelas.
a.
Mengatur tinggi
baris
Langkah-langkah untuk mengatur tinggi baris adalah:
· Arahkan pointer cell pada judul byang diinginkan (terletak diatas
lembar kerja) sehingga kursor bertanda positif hitam.
· Geser keatas (untuk memperkecil tinggi baris) atau geser kebawah
(untuk memperbesar tinggi baris).
5.
Mengoperasikan
Cut, Copy, Paste dan Paste Spesial
a.
Mengoperasikan
Cut
Data beberapa sel dapat dipindahkan dengan langkah:
· Sorot (block) sel yang akan dipindahkan.
· Klik cut pada menu edit atau tombol cut pada toolbar standard
sehingga sel yang dipindahkan tampak dikelilingi oleh garis putus-putus.
· Klik sebuah sel sebagai tempat data paling kiri ataas dari data
asal. Misalnya sel G3.
· Klik paste pada menu edit atau tombol paste pada toolbar standard
sehinnga data pada sel B3:E14 sudah dipindahkan pada sel G3 sampai J14.
b.
Mengoperasikan
Copy
Berikut ini adalah cara untuk mengcopy banyak sel kebanyak sel:
· Blok atau sorot sel-sel yang akan dicopy.
· Klik copy pada menu edit atau tombol copy pada toolbar standard
sehingga sel yang akan disalin tampak dikelilingi garis putus-putus.
· Klik sebuah sel sebagai tempat copy data paling kiri atas dari data
asal.
· Klik paste dan menu edit atau tombol paste pada toolbar sehingga
data pada sel B3:E14 sudah tercopy pada sel G3 sampai J14.
c.
Mengoperasikan
Paste Special
Paste special sangat membantu pekerjaan dalam mengcopy hasil dari
perhitungan rumus. Pada paste special dapat dipilih salah satu unsur yang akan
dicopy yaitu:
Semuanya (All)
Formatnya saja (Format)
Isinya saja (Value)
Rumusnya saja (Formula)
Setelah memblok data yang akan dicopy, klik paste special yang terdapat pada menu edit
sehingga muncul kotak dialog paste special, kemudian pilih dan klik values dan klik tombol ok.
2.6 Membuat
dan Mencetak Lembar Kerja
1. Melihat Catatan yang Akan Dihasilkan (Print Preview)
Sorot area lembar kerja yang akan dicetak setelah mengklik sel
print area pada menu fhile maka klik print preview pada menu file sehingga
muncul kotak jendela print preview.
2. Mengatur Tata Letak (Layout) Cetakan
Terlebih dahulu atur bentuk halaman cetak pada kotak dialog page
setup, kotak dialog ini dapat ditampilkan dengan cara mengklik page setup pada
menu file.
Kotak dialog page setup terdiri atas 4 tab yaitu:
M Mengatur arah catatan.
M Mengatur perbesaran hasil cetakan.
M Mengatur ukurean kertas cetakan.
M Mengatur margin halaman.
3.
Mencetak Lembar
Kerja
Pencetakan berkas dapat dilakukan dengan cara:
N Hidupkan printer dan masukan kertas pada printer.
N Klik print pada menu file.
N Tentukan jenis printer pada kotak pilihan name dan halaman yang
akan dicetak from . . . . . to. . . . .
Jika semua klik All.
N Klik ok.
2.7 Menu-menu yang Berkaitan dengan Formula
1. Memasukan Formula
Memasukan formula beberapa sel
dengan cara menulis secra manual:
N Sorot sel yang diinginkan.
N Ketik rumus yang dikehendaki.
N Tekan tombol (*) pada keyboard yang berarti operasi perkalian
dengan menyorot sel D5 hingga sel D9.
N Tekan tombol Ctrl+Shift+Enter.
2.8 Menu yang
Berkaitan dengan Grafik
1. Membuat Grafik dari Data yang
Tersedia
Langkah-langkahnya:
N Sorot sumber data.
N Klik ikon chart wizard.
N Pilih chart type dan chart yang diinginkan.
N Klik tombol finish.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
1.
Microsoft
Office Exel 2003 merupakan program pengolah angka yang dapat dengan cepat dan
akurat menyelesaikan berbagai data kuantitatif, tabel maupun grafik.
2.
Microsoft
Office Exel banyak digunakan diberbagai bidang seperti keuangan, teknologi,
sosial politik, pendidikan, dan lain-lain.
DAFTAR PUSTAKA
Osman, Osdirwan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Aryaduta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih Sudah berkomentar dengan baik. Anda Sopan Kami Segan.